top of page
ptbintangkencanaan

Tips Menjaga Kesehatan Keluarga di Musim Hujan

Diperbarui: 26 Feb 2022



Memasuki musim hujan seperti saat ini mendukung virus dan bakteri untuk bermunculan. Apalagi, cuaca yang dingin juga dapat membuat tubuh semakin mudah terserang berbagai penyakit, seperti: flu, pilek, gangguan pencernaan, hingga berbagai macam penyakit kulit.


Tapi, daripada harus merogoh kocek dalam-dalam untuk biaya rumah sakit, lebih baik menjaga kesehatan diri sendiri juga keluarga tercinta agar terhindar dari penyakit.


Lantas, bagaimana cara pencegahannya? Berikut 6 tips menjaga kesehatan keluarga di musim hujan:


1. Menjaga Pola Makan Sehat

Pastikan keluarga Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang bersih dan sehat. Tentu agar zat gizi terpenuhi, sehingga kuman penyakit tidak mudah masuk dan berkembang.


Maka dari itu, pastikan dalam satu piring yang Anda sajikan terdiri dari: makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan. Serta pastikan Anda tidak melewatkan sarapan, serta makan di waktu yang teratur.


Oh iya, untuk sementara waktu lebih baik hindari hasrat untuk membeli makan dan minuman di luar ya. Sebab, kita tidak pernah tahu seberapa bersih, dan cara pengolahannya.


2. Perbanyak Minum Air Putih

Saat musim hujan biasanya keinginan untuk minum air putih akan menurun. Tapi, demi Kesehatan keluarga di rumah pastikan Anda, dan keluarga memenuhi kebutuhan air harian.


Air putih sendiri punya banyak sekali manfaat, lho. Misalnya saja dapat menjaga suhu tubuh, menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, apabila fungsi tubuh sudah baik maka tubuh juga tidak mudah terserang penyakit.


3. Rutin Berolahraga

Untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, olahraga juga memiliki peranan penting. Olahraga juga tidak melulu harus keluar rumah kok. Anda dan keluarga bisa melakukannya di dalam rumah. Setidaknya lakukan olahraga rutin 3-4 kali per minggu dan setiap kali berolahraga setidaknya dilakukan selama 30 menit ya.


4. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas juga penting dilakukan lho. Sebab tidur merupakan waktu tubuh melakukan pemulihan terhadap seluruh sistem anggota badan.


5. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Rumah

Di masa pandemi seperti saat ini dan ditambah dengan cuaca yang tidak menentu, pastikan Anda dan keluarga harus menjaga kebersihan diri sendiri dan area lingkungan rumah.


Ingatkan keluarga tercinta untuk sering mencuci tangan saat sebelum dan sesudah makan, sesudah dari toilet, dan setelah memegang benda yang berasal dari luar rumah.


Selain itu, jaga area rumah selalu bersih dengan tidak menumpuk sampah, tidak menumpuk atau menggantung pakaian kotor dalam kamar, serta rajin untuk membersihkan kotoran atau debu dalam rumah setiap hari.


6. Hindari Stres

Stres memang bisa menimpa siapa saja. Meski begitu, stres tetap harus dikelola demi menjaga tubuh agar tidak terserang berbagai penyakit.


Pasalnya, stres dapat memberi dampak fisiologis, seperti: gelisah, detak jantung meningkat, dan mudah letih. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi dan mengelolanya, salah satunya dengan melakukan relaksasi.

13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page