• ptbintangkencanaan

Irigasi hidung – apakah aman?

Diperbarui: 9 Mar



Irigasi hidung atau pembilasan hidung artinya memasukkan air atau larutan garam ke saluran hidung. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam alat pembilas seperti pe- nyemprot karet, botol peras, alat pulsa air yang dijalankan dengan baterai, atau neti pot.

Irigasi hidung sudah bertahun-tahun dilakukan karena dapat merupakan bagian dari kebiasaan pembersihan dalam agama atau budaya tradisional. Irigasi itu juga dapat digunakan untuk me- ringankan gejala selesma, sinus tersumbat, dan alergi.

Pada umumnya irigasi hidung aman, tetapi yang sangat penting adalah menjaga kebersihan alat pembilas dan menggunakan sumber air aman yang dimurnikan.

Kapan irigasi hidung tidak lagi aman?

Air apapun, termasuk air minum yang tidak disaring, disuling atau didesinfeksi dengan cara yang tepat, dapat mengandung kuman yang membahayakan saat dimasukkan ke saluran hidung.

Kuman tersebut antara lain jenis ameba tertentu yang mungkin aman untuk diminum tetapi kalau disemprot dengan keras ke dalam saluran hidung dapat hidup, tumbuh dan menyebar masuk ke otak. Kalau sudah bersarang di otak, ameba tersebut dapat mengakibatkan meningitis ameba.

Air jenis apa yang aman digunakan untuk irigasi hidung?

Air sulingan atau air steril. Saline water

19 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua