• ptbintangkencanaan

Makanan Terkena Semprotan Disinfektan, Amankah?

Diperbarui: 16 Mar



Pernahkah kamu menghitung ada berapa botol disinfektan yang sudah kamu gunakan di rumah. Pasti setidaknya kamu mempunyai lebih dari satu botol disinfektan, kan?


Ya, di era pandemi seperti saat ini kita dituntut untuk terus menerapkan protokol kesehatan, mulai dari mencuci tangan secara rutin, memakai masker bila harus pergi keluar rumah, menjaga jarak, menjauhi kerumunan hingga mengurangi mobilitas. Selain itu, tidak lupa untuk memberikan perlindungan ekstra dengan menjaga kebersihan lebih ketat lagi yaitu dengan rajin menyemprot cairan disinfektan pada udara, dan permukaan barang-barang kesayangan atau benda-benda yang berisiko menularkan virus.


Namun sayangnya, saat menyemprotkan cairan disinfektan ke udara atau permukaan, kadang secara tidak sengaja ada cairan (droplet) yang mengenai makanan dan minuman.

Nah, bila sudah begini, bahayakah bila makanan dan minuman tersebut tetap dikonsumsi keluarga?


Disinfektan sendiri terbuat dari campuran antara alkohol dan klorin yang kemudian bisa juga ditambah dengan beberapa bahan lainnya.

Oleh karena itu, penggunaan disinfektan hanya boleh untuk disemprotkan ke permukaan benda atau udara saja dan ada baiknya untuk menghindari cairan tersebut secara langsung karena dapat menimbulkan iritasi bahkan alergi bila terkena kulit, atau tidak sengaja masuk ke dalam tubuh.


Disinfektan yang terhirup juga dapat mengiritasi saluran napas hingga menyebabkan gangguan pernapasan, seperti bronkitis, asma, dan sebagainya.


Jadi, sebaiknya makanan dan minuman yang terkena disinfektan tidak dikonsumsi lagi. Sebab dikhawatirkan cairan yang jatuh ke dalam makanan dan minuman tersebut akan masuk ke dalam tubuh.


Meski begitu, jangan panik atau khawatir dulu. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli disinfektan yang memiliki label food grade. Artinya, disinfektan tersebut aman bila terkena makanan dan minuman sehingga kamu tidak akan mengalami keracunan, dan masalah kesehatan lainnya yang dapat berakibat buruk apabila tanpa sengaja tertelan.


Salah satu rekomendasi disinfektan yang sudah berlabel food grade adalah Disinfectant Spray dari Bigroot care. Produk ini aman bila terkena makanan, terhirup, tak sengaja tertelan, dan bila terkena kulit bayi dan anak-anak sekalipun. Multifungsi, dapat digunakan untuk menyemprot udara, dan permukaan benda-benda kesayangan.


Selain itu, disinfektan yang satu ini juga mampu membunuh kuman, virus, dan bakteri hingga 99.9% hanya dalam 3 detik saja. Hebatnya lagi, disinfektan ini juga dapat menghilangkan bau karena menggunakan aroma alami dari Essensial Oil yang dikombinasikan dengan Olive, Apple, Citrus, Rose, Jasmine, Woody, Musky.


Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, saatnya pilih disinfektan yang aman.

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua