• ptbintangkencanaan

Kebersihan Hidung

Diperbarui: 24 Mar




Hidung dan sinus paranasal merupakan organ yang berperanan penting sebagai garis terdepan pertahanan tubuh pada saluran nafas bagian bawah terhadap mikroorganisme dan bahan-bahan berbahaya lainnya. Kedua organ ini seharusnya mendapat perhatian lebih terhadap kebersihannya.



Irigasi Hidung


Secara umum, teknik irigasi hidung adalah pembilasan hidung dengan cara mengalirkan cairan masuk melalui salah satu lubang hidung dan membiarkannya keluar melalui lubang hidung yang satunya. Bilasan dapat menggunakan larutan salin isotonik atau hipertonik. Prosedur dapat dilakukan menggunakan perangkat tekanan positif rendah (misalnya spray atau squirt bottle) atau tekanan berbasis gravitasi (misalnya neti pot atau bejana dengan nasal spout).


Bersumber dari jurnal kedokteran International Journal of Environmental Research and Public Health, tindakan cuci hidung berperan dengan melunakkan dan mengalirkan lapisan lendir pada rongga hidung. Mediator-mediator penyebab reaksi peradangan atau reaksi alergi seperti prostaglandin dan leukotrien juga dibuang selama tindakan ini. Maka tak heran jika gejala alergi atau gejala selesma dapat jauh lebih berkurang. Dengan dialirkannya cairan salin di rongga hidung, produksi cairan dan kelembaban rongga hidung mudah dikendalikan, sehingga berkumpulnya kuman bakteri dapat dicegah. Kandungan ion-ion dalam cairan pembersih juga memberi manfaat tersendiri seperti membantu perbaikan sel selama proses radang, mencegah kerusakan sel, menurukan kekentalan dahak, dan mengurangi kematian sel epitel.


Keamanan dan Efek Samping Irigasi Hidung


Secara umum tindakan pembersihan hidung dapat dikatakan aman dan dengan efek samping yang minimal. Efek samping lebih sering dialami orang dewasa dibanding anak-anak, diantaranya iritasi hidung, rasa tidak nyaman di dalam hidung, nyeri telinga, dan berkumpulnya cairan di dalam rongga sinus sekitar hidung. Meskipun efek samping tindakan ini sangat kecil, beberapa hal tetap memerlukan perhatian khusus seperti temperatur cairan pencuci yang digunakan, kebersihan dan higiene cairan pencuci, serta kebersihan dan higiene peralatan yang dipergunakan. Untuk mengatasi risiko kontaminasi kuman pada peralatan, maka dapat dilakukan dengan mencuci setiap peralatan yang digunakan dengan air sabun, mengganti peralatan yang digunakan seminggu sekali, hingga menggunakan botol semprot sekali pakai.


Penyakit Sinusitis


Tindakan sederhana membersihkan hidung juga merupakan bentuk untuk meringankan banyak kondisi masalah dengan hidung. Nasal Irrigation membersihkan allergens, excess mucus, dan kerak / kotoran pada rongga hidung sehingga menjaga agar mukosa hidung tetap bersih dan sehat. Menjaga kebersihan hidung dapat mencegah terhadap penyakit sinusitis.


Sinusitis merupakan proses peradangan pada rongga sinus. Rongga sinus adalah struktur anatomi berupa rongga yang terletak di daerah wajah. Rongga sinus terletak di daerah wajah yang bermuara di rongga hidung. Karena rongga sinus merupakan struktur yang berkesinambungan dengan rongga


hidung, maka pada umumnya saat rongga sinus mengalami peradangan akan diikuti pula peradangan di daerah hidung. Oleh karena itu, peradangan di daerah sinus lazimnya disebut rinosinusitis. Jenis – jenis rongga sinus yaitu sinus maksilaris yang letaknya di daerah pipi, sinus frontalis yang letaknya ada di dahi, sinus etmoidalis yang terletak di sekitar mata dan sinus sfenoidalis di belakang dahi.


Sinusitis mungkin terjadi pada anak. Sistem kekebalan tubuh anak-anak tidak sekuat orang dewasa dalam pertahanan terhadap kuman yang menyebabkan pilek atau alergi, memastikan hidungnya tetap bersih dapat membantu menjaga kesehatannya.Rentang usia anak yang paling sering mengalami sinusitis adalah usia anak menjelang sekolah, yaitu usia 5 – 10 tahun.




Tentang Big Root Nose Hygiene Stuff Relief


Adalah produk pencuci hidung Isotonic berbahan saline water dengan tambahan i-carrageenan (antiviral protection) dikemas dalam botol steril dilengkapi dengan pipa semprot hidung yang aman dan nyaman saat digunakan.

Bahan alami yang terkandung di produk Big Root Nose Hygiene Stuff Relief aman untuk digunakan setiap hari untuk bayi dan orang dewasa sebagai pencegahan dari bakteri dan virus yang terdapat di udara dan dihirup setiap hari, selain itu produk ini dapat membantu membersihkan kondisi hidung berkendir dan meminimal kondisi sinusitis serta infeksi saluran pernafasan.

Big Root Nose Hygiene Stuff Relief mengandung antiviral protection yang dapat mencegah dan menghambat penyebaran virus flu.



Cara penggunaan:


Semprotkan dengan cara menekan Nozzel ( semprotan hidung ) sebentar.

Masukan bagian Nozzel ke dalam lubang hidung

Tekan sebentar Nozzel untuk perawatan hidung harian atau tekan beberapa detik untuk membersihkan, biarkan larutan yang berlebih keluar, kemudian hembuskan nafas.

Ulangi dengan cara yang sama untuk lubang hidung yang lain.

Bersihkan ujung pipa Nozzle dengan air sabun, bilas hingga bersih dan keringkan.

Gunakan 2 hingga 6 kali sehari untuk setiap lubang hidung atau sesuai dengan kebutuhan






Tentang Big Root Nose Hygiene Ultra Gentle untuk Bayi usia 0 – 3 tahun

Merupakan alat kesehatan yang direkomendasikan untuk mencuci hidung bayi yang bermanfaat untuk membersihkan lendir di rongga hidung bayi agar dapat bernafas saat menyusu dengan botol, merangsang pertahanan alami lapisan hidung, mengurangi gangguan ENT. Alat ini dilengkapi dengan pipa semprot khusus bayi, dengan tekanan yang lambut dan butiran halus yang nyaman saat digunakan.


Cara penggunaan:


Tekan nozzle ( seprotan ) sebentar

Baringkan bayi terlentang atau dudukkan dengan posisi kepala bayi condong ke samping.

Masukkan secara perlahan ujung pipa semprot ke lubang hidung.

Tekan ujung pipa semprot hidung secara perlahan, biarkan larutan masuk ke dalam rongga hidung sebelum dibersihkan.

Ulangi cara penggunaan untuk lubang hidung lainnya.

Bersihkan ujung semprotan hidung dengan air sabun, bilas dan keringan.

Gunakan 2 sampai 6 kali sehari untuk setiap lubang hidung sesuai kebutuhan.






sumber http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/25985/Chapter%20I.pdf;jsessionid=F9DE345A031C5ADA9D30209DAF70F902?sequence=5

http://healthywa.wa.gov.au/~/media/Files/HealthyWA/Original/using-neti-pots-safely-indonesian.pdf

http://www.orli.or.id/index.php/orli/article/view/193/153

https://saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/view/179/39

http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/amankah-tindakan-cuci-hidung-pada-anak



38 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua