• ptbintangkencanaan

Cegah Pandemi dengan Menjaga Kebersihan Mulut dan Hidung

Diperbarui: 16 Mar



Selama pandemi belum berakhir, kita harus terus menjaga dan melindungi diri dan keluarga tercinta. Caranya tentudengan mematuhi protokol kesehatan 5M, yaitu: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumuman dan mengurangi mobilitas.


Namun, selain itu, jangan lupa untuk mengikut anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), yaitu: mengurangi paparan dan transmisi penyakit atau infeksi melalui personal hygiene (kebersihan diri), yakni: kebersihan tangan dan saluran pernapasan, serta keamanan pangan.


Salah satu caranya adalah dengan memastikan rongga mulut, hidung, dan tenggorok tetap bersih. Sebab virus bisa masuk melalui saluran nafas atas dan bila tidak dicegah tentu akan masuk ke dalam. Untuk menghalau virus masuk, melakukan proteksi tambahan perlu dilakukan. Caranya dengan menggunakan nasal spray atau semprot hidung atau cuci hidung untuk membunuh dan menurunkan infeksi flu, pilek, bahkan pandemi.


Namun sebelum mencoba dan menggunakannya, pastikan semprot hidung yang Anda beli mengandung Iota Cattageenan ya. Sebab kandungan ini yang menjadi kunci utamanya.


Iota Cattageenan atau Iota Karagenan sendiri merupakan senyawa yang jumlahnya paling sedikit di alam. Biasanya dapat ditemukan di rumput laut. Sebuah studi yang terbit dalam jurnal Multidisciplinary Respiratory Medicine melakukan penelitian terhadap pengobatan pilek dan flu menggunakan pengobatan dengan Iota Carrageenan dengan pengobatan plasebo. Hasilnya menunjukan bahwa reaksi penyembuhan dengan pengobatan yang mengandung Iota Carrageenan lebih baik.


Alasannya karena partikel di dalam Iota Carrageenan melapisi dinding mukosa hidung dan mencegah virus untuk menempel pada reseptor untuk bereplikasi. Alhasil penyebaran virus di dalam tubuh dapat dicegah karena jumlah virus pada rongga hidung dapat diturunkan.


Selain itu, Iota Carrageenan juga aman untuk digunakan sebagai pengobatan bagi bayi, dan anak-anak karena mengandung bahan alami, sehingga tidak memiliki efek sistemik pada tubuh.


Lalu bagaimana cara menggunakannya?

  1. Pertama-mana berdirilah di depan wastafel sambil memiringkan kepala ke kiri.

  2. Kemudian masukkan ujung produk semprot hidung Anda secara perlahan ke lubang hidung kanan. Pastikan tidak ada celah dan ujung produk tidak menyentuh pembatas antara dua lubang hidung.

  3. Sembari bernapas lewat mulut, miringkan produk hingga cairan masuk ke dalam lubang hidung kanan dan keluar lewat lubang hidung kiri.

  4. Lakukan berulang sampai sekiranya sudah cukup bersih. Kemudian tegakkan kembali kepala Anda bila sudah selesai.

  5. Cobalah bernapas dengan hidung untuk membersihkan sisa larutan.

  6. Pakai tisu atau lap untuk menyerap larutan dan lendir yang tersisa dalam rongga hidung.

  7. Ulangi langkah yang sama pada lubang hidung kiri Anda.

Mudah kan? Jangan lupa lengkapi proteksi diri Anda dan keluarga dengan rajin mencuci hidung ya.

17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua